Tanggapan Gareth Southgate atas Kritik Jurgen Klopp

Sosok Gareth Southgate belakangan tiba-tiba menjadi salah satu topik pembicaraan hangat belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari sederet kritik Jurgen Klopp yang diarahkan pada dirinya. Seolah merasa jengah dengan kritik tersebut, ia pun menyampaikan pendapatnya. Bahkan, dalam salah satu pandangannya, ia sendiri tampaknya heran akan hal yang mendorong sang pelatih Liverpool tersebut untuk mengambil tindakan tersebut.

Main di M88 Sekarang

Kritik Jurgen Klopp pada Gareth Southgate

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tampaknya tidak lagi ingin menahan diri terkait pandangannya atas keputusan yang diambil Gareth Southgate belakangan ini. Ia bahkan mempertanyakan keputusan sang pelatih timnas Inggris tersebut kala menurunkan Trent Alexander-Arnold yang sejatinya merupakan pemain belakang menjadi pemain tengah. Keputusan lain yang tak luput dari perhatiannya adalah kala Southgate memutuskan untuk tidak memilih Joe Gomez dalam formasi pemainnya baru-baru ini.

Terkait hal ini, Southgate tampaknya berusaha untuk menahan diri. Meski demikian, ia tampaknya tidak bisa menahan rasa penasarannya akan hal yang mendorong Klopp bertindak demikian.

Tanggapan Gareth Southgate

Dalam tanggapannya, seperti yang disampaikan di M88, Southgate tidak mengetahui persis alasan Klopp terus menerus menyampaikan kritik tersebut. Ia bahkan meminta awak media untuk menanyakan hal tersebut langsung kepada sang pelatih Liverpool tersebut.

Ia pun menyatakan bahwa dalam dunia sepakbola, pelatih datang dan pergi dalam waktu singkat. Oleh karena itu, penting bagi semua pelatih untuk menjalin hubungan yang baik di dalam klub yang mereka bina. Walau demikian, ada beberapa klub yang tidak menempatkan sosok pelatihnya sebagai sosok prioritas mengingat keberadaan mereka yang hanya sementara di klub tersebut.

Alasan Kritik Jurgen Klopp Dianggap Tidak Solid

Meski demikian, ia sendiri berujar bahwa hal ini belum tentu terjadi di kalangan internal Liverpool. Baginya, ia tidak memiliki masalah personal atau dalam bentuk apapun dengan pihak Jurgen Klopp.

Terkait hal ini, beberapa pihak berspekulasi hal ini mungkin muncul akibat dinamika internal Liverpool sendiri. Seperti diketahui, pemain tengah mereka, Gomez, hingga kini masih belum bisa turun dalam laga. Hal ini terjadi karena sang pelatih lebih memilih untuk menurunkan trio Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, dan Joel Matip.

Dengan demikian, sang pemain berusia 24 tahun tersebut masih akan bertahan di timnas Inggris. Ia sendiri dipastikan akan berpartisipasi dalam laga timnas Inggris kontra San Marino dan Albania pada laga final kualifikasi Piala Dunia pada pekan mendatang.

Kemungkinan besar hal semacam ini yang mendorong sang pelatih Liverpool tersebut untuk bertindak sedikit agresif. Tampaknya, pola pergantian pemain di tubuh timnas Inggris membuatnya tidak lagi bisa leluasa bergerak dalam menentukan formasi pemain terbaik pada setiap laga yang akan dijalani Liverpool. Meski demikian, Gareth Southgate menekankan bahwa kondisi pemain yang absen baik karena alasan perjalanan, sakit, atau lainnya adalah hal yang biasa dalam dunia sepakbola. Terlebih lagi, setiap pemain juga memiliki tanggung jawab untuk membela tim nasional mereka, di samping klub yang mereka bela saat ini. Oleh karena itu, sebenarnya sudah menjadi tugas bagi setiap pelatih untuk memaklumi hal ini dan justru memberikan dukungan bagi para pemain untuk bermain secara optimal baik bagi timnas masing-masing maupun klub yang mereka bela saat ini.

About Joshua

Penggemar berat si kulit bundar, Christiano Ronaldo, dan Manchester City. Selalu takjub dengan cepatnya bola bergulir di lapangan hijau

Check Also

Protokol Keamanan Ketat Siap Amankan Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia Qatar 2022 akan segera digelar dalam hitungan beberapa bulan mendatang. Dengan jeda waktu …