Perlukah Mengakhiri Rivalitas Manchester City dan Newcastle?

Mantan pemain Liverpool, Stan Collymore, memberikan klaim yang cukup menarik. Sebagai yang pernah menjalani langsung pengalaman bermain di The Reds, ia mengklaim bahwa rivalitas yang terjadi antara Newcastle United dan Manchester City justru akan memberikan dampak serius bagi Liga Primer Inggris. Menariknya, ia justru menekankan bahwa pihak penylenggara kompetisi tersebut membutuhkan kehadiran Liverpool untuk bisa menjadi solusi utama.

Main di M88 Sekarang

Kabar Mengejutkan dari Markas Rival Manchester City

Kabar baru muncul pada minggu lalu tentang kepemilikan klub Liverpool. Fenway Sports Group yang saat ini masih menjadi pemilik klub sepakbola tersebut dikabarkan bersiap untuk melepaskan hak kepemilikan mereka. Sejak menjadi pemilik pada tahun 2010 yang lalu, pihak pemilik asal Amerika tersebut, yang dikomandoi oleh John W Henry, telah menjadi bagian penting dalam kebangkitan Liverpool ke puncak kasta atas kompetisi sepakbola di tanah kelahiran olahraga ini.

Meski demikian, belakangan ini para penggemar Liverpool tampak semakin kecewa dengan permainan klub tersebut yang dipandang kian merosot. Salah satu indikatornya terlihat dari tingkat pengeluaran klub untuk mendatangkan pemain baru jika dibandingkan dengan klub-klub rivalnya. Bahkan tak jarang muncul selentingan yang mengaitkan klub ini dengan minimnya upaya untuk berkembang.

Isu Panas Kepemilikan Sepakbola

Isu kepemilikan klub sepakbola memang menjadi isu panas yang berkembang di ranah sepakbola Eropa. Isu ini semakin liar setelah pihak investor asal Arab Saudi mengambil alih kepemilikan sebagian besar klub Newcastle United. Bahkn kabar Roman Abramovich yang memutuskan untuk berhenti menjadi pemilik Chelsea setelah mendapatkan sanksi dari pemerintah Inggris pun sempat memantik kembali isu ini, meski pada akhirnya tidak terjadi.

Kepemilikan baru di bawah investor asal Timur Tengah bahkan sempat mengaitkan nama Liverpool. Pihak FSG sendiri sepertinya tidak terlalu ingin dipusingkan dengan sosok yang akan menggantikan peran mereka, asalkan bersedia memenuhi permintaan mereka senilai 4 miliar Dolar Amerika Serikat untuk bisa menjadi pemilik baru. Ironisnya, para pemain Liverpool seperti Collymore berharap investor tersebut seharusnya bisa membantu pihak The Reds untuk bersaing dengan Manchester City dan bukannya memberikan pengaruh yang buruk ke dunia sepakolba seperti yang terjadi dengan Newacstle United.

Pentingnya Menghentikan Rivalitas Manchester City dan Newcastle United

Menurut mantan pemain Liverpool tersebut, seperti yang diberitakan oleh M88 Indonesia, pihak Liga Primer Inggris seharusnya berusaha untuk menghentikan rivalitas yang terjadi antara Manchester City dan Newcastle United, yang bukan berada pada basis kompetisi, melainkan dipengaruhi oleh kepemilikan dan uang. Ia mengatakan dengan jelas bahwa sebagai pelatih, Jurgen Klopp sudah pasti butuh dukungan finansial dalam jumallh besar untuk bisa bersaing dengan Manchester City. Tapi sayangnya, dengan pemilik yang ada saat ini, akan sangat sulit mengalahkan sokongan dana besar seperti yang terjadi di Newcastle United dan Manchester City, masing-masing dengan investor asal Timur Tengah mereka.

Ia juga mengatakan bahwa perlunya Liverpool untuk menjadi kompetitif bukan hanya permintaan dan tuntutan dari para penggemar klub tersebut. Menurutnya, pihak Liga Primer Inggris juga harus bisa membeirkan kesan yang sama. Menurutnya, akan sangat tidak sportif jika ternyata klub-klub kasta atas Liga Inggris tersebut tidak lagi berkompetisi demi menjadi yang terbaik dari berbagai latar belakang dan karakteristik yang berbeda, tapi justru berada di bawah naungan satu kelompok yang kurang lebih sama. Menurutnya meski jika hal ini memberikan keuntungan secara finansial, tapi tidak halnya dengan semangat sportivitas dan sepakbola.

About Joshua

Penggemar berat si kulit bundar, Christiano Ronaldo, dan Manchester City. Selalu takjub dengan cepatnya bola bergulir di lapangan hijau

Check Also

Lionel Messi Dapat Perlakuan Khusus dari Timnas Argentina

Kabar menarik datang dari timnas Argentina jelang dimulainya kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Pemain …